Sunday, August 19, 2018

Lukisan Nyirorokidul Yang Penuh Mistis


Kisah Nyai Roro Kidul memang sangat dikenal luas di daerah Pulau Jawa. Terutama Yogyakarta dan daerah pesisir pantai selatan Jawa barat. Dalam lukisan ini, sosok Nyi Roro Kidul tampil tanpa mahkota dan kereta kuda. Nyi Roro Kidul mengenakan kemben tanpa terlihat bagian bawah tubuhnya, rambutnya menggantung panjang. Sosok itu terlihat cantik. Wanita ini digambarkan sebagai wanita cantik yang terguncang, dan memiliki kekuatan di Pesisir dan Laut Selatan.
"Lukisan Nyi Roro Kidul adalah salah satu dari 200 karya Basoeki Abdullah yang dikumpulkan oleh Presiden Indonesia Soekarno Basoeki Abdullah yang dikenal sebagai pelukis pemandangan alam dan potret perempuan.ada cerita menarik tentang lukisan berjudul 'Nyi Roro Kidul' yang dilukis pada tahun 1955 ini. Pada masa itu, Basoeki Abdullah mengakui bahwa ia telah bertemu dengan Nyi Roro Kidul.

Salah satu dari enam lukisan Nyi Roro Kidul yang dilukis Pak Bas,ini adalah lukisan asli yang pernah digelar dalam pameran.
Wakil Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin menjelaskan, pameran lukisan koleksi Istana ini adalah bagian dari acara memperingati Kemerdekaan RI ke-72, dengan tema besar "Senandung Ibu Pertiwi"

"Ada 48 lukisan dari 41 pelukis yang lukisannya dipajang di Galeri Nasional, tidak hanya lukisan karya seniman Indonesia, tetapi juga karya seniman dari luar negeri yang menjadi milik Istana Kepresidenan," kata Bey.
Beberapa nama besar seperti Raden Saleh dan Basoeki Abdullah, juga hadir di sini. Lukisan oleh Basuki Abdullah yang berjudul Pulau Flores misalnya, lukisan itu telah dikumpulkan oleh Presiden Soekarno sejak tahun 1942. Lukisan itu bernilai Rp 1.572.500.000 mengingatkan bahwa bagian timur Indonesia memiliki keindahan alam yang tidak ada duanya.
 


Tidak hanya di Istana presiden lukisan Nyirorokidul juga disimpan disalah satu Hotel yang memiliki cerita mistis dengan Nyiroro kidul.Cerita Nyirorokidul berkaitan erat dengan pantai selatan bahkan diyakini sebagai Ratu dari Pantai selatan.Tidak heran kalau masyarakat mengadakan ritual sesembahan yang ditujukan untuk penguasa pantai selatan itu.

Yang unik lagi dari cerita Nyirorokidul yaitu ada satu tempat penginapan/hotel dimana ada satu kamar khusus yang diyakini menjadi tempat istirahat Nyirorokidul dan menjadi tempat untuk komunikasi langsung dengan penghuni Pantai selatan tersebut.Didalam kamar itu terdapat lukisan Nyirorokidul,dan suasana mistis sangat terasa dalam kamar tersebut.  

No comments:

Post a Comment