Sunday, August 19, 2018

Keindahan Motif Seni Ukir Nusantara Yang Dikagumi Wisatawan

Motif Seni Ukir

"Motif Seni Ukir"Seni ukir merupakan salah satu jenis seni rupa yang ada di Nusantara yang dikagumi dan digemari wisatawan baik di Indonesia maupun mancanegara.Seni ini memiliki memiliki sebuah pola yang diwujudkan dengan menggunakan media diantaranya seperti kayu,batu,lilin batu,atau media yang lainnya selama benda tersebut bisa diukir. Seni ukir merupakan bagian dari salah satu karya seni kriya dalam bentuk 3 dimensi.
Berikut iani ada beberapa contoh motif seni ukir  menurut asal daerahnya:
1. Motif Seni Ukir Aceh
Karya seni ukir dari daerah Aceh memiliki ciri khas tersendiri,dimana dalam karya ukirannya di pengaruhi oleh unsur agama islam,yaitu lebih banyak menggambarkan tentang keindahan alam dan jarang menggambarkan binatang.
Karya seni ukir Aceh biasanya diwujudkan dengan memanfaatkan media seperti tiang bangunan,pintu,dinding dan lain sebagainya.
Ada dua jenis motif karya seni ukir Aceh yang diantaranya menggunakan motif dengan bentuk tembus,dan tidak tembus.

2. Motif Seni Ukir Surakarta
Karya seni ukir Surakarta biasanya banyak ditemukan pada ukiran yang biasa ada dalam rumah,seperti kursi meja,dinding,daun pintu dan lainya,yang dimaksudkan untuk mempercantik bentuk benda tersebut. Ciri khas dari ukiran jepara yaitu dari bentuk ukirannya yang lembut juga harmonis. suasana alam sangat kental dalam gambaran ukiran khas Surakarta.

3. Motif Seni Ukir Jepara
Karya seni ukir Jepara bisa kita temukan pada ukiran-ukiran furnitur peralatan rumah tangga,seperti lemari kursi meja,dan peralatan rumah lainnya. Kayu yang digunakan juga sangat umum seperti kayu jati,mahoni, suren dan lainnya.
Ciri khas pada ukiran Jepara yaitu adanya ukiran daun yang biasanya dengan jumlah tiga lembar dengan posisi keluar dari pangkalnya.
Seni ukir Jepara sangat banyak peminatnya khususnya dalam bentuk furnitur.

4. Motif Seni Ukir Bali

Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai macam bentuk karya seni,yang diantaranya karya seni yang dituangkan dalam bentuk karya seni ukiran.
Banyak seniman terkenal bukan hanya di Indonesia melainkan di tingkat internasional.
Bentuk ukiran Bali dipengaruhi oleh unsur Agama Hindu yang melekat dalam kehidupan dan adat Bali. Karya seni ukir Bali dapat kita lihat pada tempat-tempat peribadahan juga di dalam bangunan rumah,serta pada benda-benda dalam rumah.



5 Motif Seni Ukir Dayak
Suku Dayak merupakan Salah satu suku yang ada di kepulauan Kalimantan. Seni ukir yang dibuat suku dayak memiliki maksud dan tujuan ter sendiri,dan biasanya suku dayak membuat ukiran itu untuk kepentingan yang berhubungan dengan acara atau ritual suku tersebut. Karya seni ukiran Dayak bisa kita temukan didalam hiasan rumah,bangunan dan senjata khas adat Dayak

.
6.Motif Seni Ukir Irian
Irian merupakan bagian dari Indonesia yang berada di bagian ujung timur, Irian juga memiliki karya seni ukir yang khas dan tidak kalah indahnya dengan hasil karya seni ukir dari daerah lainnya. ada satu suku di Irian Jaya yang bernama suku Asmat yang merupakan suku yang memiliki keahlian dalam bidang karya seni ukir. Karya-karyanya bisa kita jumpai pada ukiran tiang bangunan,perahu,  alat pelindung senjata(tameng),dan pada topeng khas suku Asmat. Biasanya benda yang dihiasi dengan ukiran tersebut dipergunakan dalam acara adat.


Inilah bebereapa contoh karya seni ukir dengan ciri khas daerahnya masing-masing. Dan ini membuktikan bahwa negara Indonesia kaya akan karya seni dan menjadi daya tarik bagi para pecinta karya seni baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 


" MARI KITA LESTARIKAN KARYA SENI DAN BUDAYA KITA"...

No comments:

Post a Comment